Selasa, 08 Juli 2014

Turia Pitt, Dobrak Dominasi Perempuan Cantik di Sampul Majalah

Biasanya, perempuan yang menghiasi sampul majalah didominasi oleh bintang muda Hollywood atau supermodel terkenal. Namun dua kategori itu tidak dimiliki oleh Turia Pitt.

Turia Pitt, seorang perempuan Australia bukan super model dari Hollywood atau aktris cantik nan seksi. Namun penampilannya pada sampul majalah Australia Women's Weekly menjadi contoh inspirasi yang mengesankan. Munculnya Pitt pada sampul majalah tersebut telah meruntuhkan dominasi perempuan ala Hollywood di sampul majalah.

Pitt, kini berusia 26 tahun. Tiga tahun lalu ia menjadi korban kebakaran. Saat menjadi peserta Ultra Marathon di Australia, Pitt Turia terjebak dalam sebuah kebakaran di semak-semak. Turia mampu bertahan meski menderita kebakaran hingga 65 persen dari tubuhnya. Hingga saat ini, Turia telah menghabiskan waktu di rumah sakit lebih dari 2,5 tahun demi bertahan hidup dan telah melakukan 100 kali operasi.

Hari ini, Turia yang bergelar Insinyur Pertambangan ini, kini menjadi motivator, penulis dan pembicara. Keputusan untuk menurunkan Turia Pitt sebagai model sampul bermula saat ia terpilih menjadi salah satu juri anggota pemberian beasiswa dan penghargaan tahunan Perempuan Masa Depan dari Women's Weekly. Saat itu Pitt Turia sedang melakukan sesi pemotretan sebagai salah satu anggota juri. Redaktur majalah mingguan yang mengamati sesi pemotretan tersebut sangat terkesan, dan segera memutuskan untuk menjadikan Pitt Turia sebagai model sampul majalah mereka.

"Saat Turia diambil fotonya sebagai salah satu juri acara penghargaan Perempuan Masa Depan, yang menampilkan perempuan Australia yang mengesankan, ia sedang duduk dihadapan kamera. Tiba-tiba saat itu kami sadar bahwa ia akan menjadi sampul majalah ini untuk bulan Juli" kata Helen Mc Cabe, Pemimpin Redaksi Australia Women's Weekly.

"Setiap usaha untuk menggambarkan keajaiban dan keindahan Turia tampaknya begitu sulit dilakukan. Namun saya belum pernah bertemu orang yang lebih luar biasa" kata Mc Cabe melanjutkan.

Pitt Turia sendiri meyakini, sampul majalah yang menjadikan dirinya sebagai model akan membawa dampak khusus. "Menjadi sampul majalah tersebut adalah sebuah kehormatan. Saya merasa sangat tersanjung" katanya.

"Buat saya, kepercayaan Women's Weekly ini menjadi sebuah pesan bahwa kepercayaan diri seseorang adalah sebuah bentuk kecantikan yang lain. Begitu banyak perempuan yang cantik, namun mereka tak memiliki rasa percaya diri, tapi ketika anda percaya diri, anda akan mampu melampaui itu semua" kata Pitt melanjutkan.

Penampilan Pitt Turia yang mengesankan ternyata menyentuh banyak orang di dunia, termasuk seorang blogger di Hello Giggles, Margaret Eby. Blogger ini menggambarkan Pitt bisa menjadi katalisator untuk perubahan yang nyata.

Kata Eby dalam tulisannya: Biarkan Pitt menjadi sebuah contoh bagi penerbit majalah perempuan lainnya. Kecantikan bisa muncul dalam berbagai bentuk. Perempuan butuh tampil dengan mengurangi kilauannya, namun lebih banyak tampil dengan keberanian dan ketabahannya. Mengurangi maskara, dan lebih menampilkan kepercayaan, prestasi dan kecakapannya. Lebih banyak warna kulit, lebih banyak latar belakang yang berbeda, lebih banyak lagi. Demikian tulis Eby dalam blognya.

Lalu Eby melanjutkan "apa yang akan terjadi jika majalah perempuan mulai menampilkan model sampul majalah yang tidak sempurna penampilannya? Apa yang akan terjadi jika majalah mulai menampilkan model sampul dengan wajah yang unik, dan latar belakang kisah yang menakjubkan? Bisa kah kita lakukan itu? Ya, sangat. Sangat bisa."


ANEHnya MAJALAH:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Supported By Mael For You