Minggu, 27 November 2016

Anehnya Koala, Hewan Lucu Menggemaskan dari Australia


Anehnya Koala, Hewan Lucu Menggemaskan dari Australia - Koala adalah satu hewan mirip boneka yang dijamin lucu abis dan bikin kita gemes banget melihatnya, walaupun hewan ini bukan endemik Indonesia alias impor dari negara tetangga yaitu Australia. Semua orang tau kalau koala adalah hewan yang menggemaskan karena kebiasaan mereka yang suka tidur lama. Dan bukan hanya itu saja, karena masih banyak fakta unik tentang koala yang mungkin belum pernah kamu dengar, Check this out!


Koala dewasa aja udah lucu banget, gimana yah dengan koala yang masih bayi???
Ketika masih bayi, ukuran koala hanya seukuran 2,54 cm saja loh, kecil banget dan imut-imut pastinya. Bayi koala dilindungi dan menyusui langsung di kantung sang induk sampai di usianya yang ke enam bulan. Oleh sebab itu kita tidak akan pernah melihat penampakan bayi koala yang bermain sendirian tanpa bersama ibunya.

Koala Ternyata juga punya sidik jari seperti Manusia
Tau nggak sih kalau koala itu punya sidik jari yang mirip sama sidik jari manusia? Saking miripnya, sidik jari koala sama sidik jari manusia susah banget dibedainnya sekalipun dengan pengujian alat mikroskop/alat tes sidik jari.

Kerjaannya tidur Melulu
Koala adalah hewan dengan waktu tidur yang sangat lama. Waktu tidur koala bisa mencapai 18 jam sehari. Kalau lagi nggak tidur, koala biasanya makan atau main lompat-lompatan dari satu pohon ke pohon yang lainnya. Biarpun badannya kecil dan gak segede monyet ataupun kakaknya king kong. Lompatan koala bisa mencapai jarak 45,72 meter loh. Jauh banget yah..

Koala jarang minum
Koala adalah hewan yang jarang sekali terlihat sedang minum. Mungkin ini ada hubungan dengan asal usul nama koala yang memiliki arti 'tidak minum'. Julukan nama koala ini diberikan pada hewan tersebut karena dia hampir jarang sekali terlihat sedang minum.

Tapi sebenernya, koala itu tetap minum kok seperti hewan lainnya, yakni lewat air di dalam daun-daun eukaliptus (kayu putih) yang sekaligus sebagai makanannya.

Hewan penyendiri
Koala nggak suka rame-rame apalagi nongkrong. Beda sama hewan-hewan lain yang sukanya hidup berkelompok kalau pergi kemana saja selalu bersama-sama, koala lebih suka diem sendirian di atas pohon sambil tidur. Dan oleh karena itu juga, koala nggak suka keramaian. Makanya kalau kita ingin deketin koala, kita harus tenang dan nggak boleh berisik.

Koala juga bisa galak
Walaupun kelihatannya diem dan nrimo hidup ini apa adanya, tapi koala ngga akan sungkan-sungkan menggeram dengan keras dan menjadi agresif kalo dirinya merasa terancam. Jadi jangan coba-coba gangguin koala ya, karena mereka sangat suka kedamaian dan jangan sampai kamu apes digigit olehnya.

Koala jarang bergerak
Hal ini nggak aneh, soalnya Koala suka banget tidur makanya jarang dan kelihatan malas untuk bergerak. Koala hanya bergerak dan beraktivitas selama dua jam sehari.

Koala punya ekor
Walaupun nggak begitu keliatan, koala ternyata juga punya ekor lohh. Fungsi ekor pada koala ini adalah sebagai tempat untuk duduk ketika berada di ranting pohon selama berjam-jam. Nah mungkin karena ini, koala betah duduk berlama-lama yang di pohon dan jarang bergerak tanpa harus takut pantatnya kapalan seperti kamu, ups maaf maksudnya si Nyemot :D

Koala bisa lari kencang
Walaupun koala keliatannya hewan yang pemalas dan mageran alias males gerak, ternyata jangan menyepelekan keahlian koala kalau lagi lari. Karena Koala bisa cepat sekali ketika berlari, hampir seperti kelinci.

Hewan Bodoh yang Ternyata Cerdas
Dari dulu sosok Koala selalu digambarkan sebagai hewan yang super bodoh dan selalu hidup sepanjang hari bermalas-malasan di kayu putih eukaliptus. Padahal dalam penelitian baru-baru ini berhasil mengungkap fakta unik tentang kecerdasan koala.

Sebanyak 86 ekor koala yang sengaja ditempat tinggalkan di enam lokasi penyeberangan hewan yang dibuat oleh pemerintah Australia ternyata mampu beradaptasi dengan cepat.

Dengan kecerdasannya mereka bisa menggunakan jalur penyeberangan hewan melintasi jalan raya Queensland. Mereka selalu bergerak di malam hari untuk melewati jalur penyeberangan tersebut untuk menuju ke tempat-tempat habitat Koala yang lain.

Karena takut menjadi korban tabrak dari mobil yang lewat. Pemerintah pun akhirnya membuatkan jalanan gantung diatas jalan raya khusus perlintasan Koala. Lagi-lagi mereka dengan cepat beradaptasi untuk selalu melintasi jalan baru tersebut.

Hewan yang dilindungi
Koala adalah salah satu satwa hewan yang dilindungi oleh Undang-undang. Di negaranya Autralia, jika salah satu masyarakat disana atau warga negara asing kedapatan memelihara koala dapat dikenakan sanksi hukuman penjara, karena jumlah hewan ini sudah sangat langka di habitat aslinya sendiri.


Jadi apapun hewan yang termasuk satwa liar dan dilindungi seperti Koala, sangat tak pantas untuk kita pelihara di rumah. Jika kita menyayangi mereka, biarkan saja mereka hidup merdeka di habitat aslinya, karena alam lebih tahu apa yang terbaik bagi kehidupan mereka :D

Read more ...

Minggu, 06 November 2016

Tren Cara Membesarkan Anak yang Paling Aneh

Tren Cara Membesarkan Anak yang Paling Aneh - Pola asuh untuk membesarkan anak yang terbaik selalu dicari oleh setiap orang tua. Tapi ternyata ada beberapa pola asuh yang justru aneh dan tidak masuk akal.

Beberapa pola asuh aneh itu bahkan sempat menjadi tren tersendiri di kalangan orang tua. Mungkin beberapa pola bahkan pernah dilakukan oleh sebagian dari Anda yang membaca.

Dirangkum oleh Indy100 yang berasal komentar-komentar dalam Reddit, berikut ini pola asuh yang aneh dan sempat menjadi tren.


Buat anak tetap terjaga hingga tengah malam
Ada pola asuh yang mengharuskan orang tua menghabiskan waktu untuk anaknya. Sehingga yang justru muncul tingkah orang tua yang mengharuskan anaknya melek hingga larut malam, bukan orang tua yang menyisihkan waktu untuk menemani anak.

Jangan berkata tidak
Ternyata tren ini cukup dikenal oleh beberapa orang tua. Berkata tidak pada anak-anak mungkin bahkan masih ada yang menerapkannya.

Melepaskan batasan dan melupakan konteks yang akhirnya salah kaprah pada tren ini. Ternyata tren ini berakibat buruk pula pada anak.

Rencana per menit
Konsep pola asuh ini cukup mengkhawatirkan sebab menekankan orang tua harus merencanakan kegiatan anak, bukan per jam, tapi per menit. Cara ini cukup taraf mengerikan sebab terlalu ketat dan malah mengatur.

Membagi momen anak di media sosial
Membagikan kegiatan anak di media sosial memang tidak masalah. Tapi di kondisi saat ini tren membagikan seluruh kegiatan anak menjadi menakutkan dengan kejahatan yang bisa menghampiri anaknya.

Read more ...

Jumat, 28 Oktober 2016

Seniman Dengan Teknik Melukis Paling Aneh

Seniman Dengan Teknik Melukis Paling Aneh - Seni lukis merupakan sebuah cara untuk mengekspersikan citarasa seni dari seorang seniman terutama para pelukis dan setiap memiliki gaya, ciri dan keunikan dalam aliran mereka sendiri untuk mengeskpresikan keesklusifan karya seni lukis mereka. Berbagai cara melukis dapat kita jumpai di dunia ini, dari yang normal hingga yang tidak terbayangkan oleh kita seperti ulasan dibawah ini.

Tim Patch - Pria ini menggunakan Alat Kelaminya sebagai Kuas untuk Melukis


Seorang Pria yang berasal dari Australia ini sepertinya sudah bosan menggunakan kuas yang biasa saja. Perkenalkan namanya adalah Tim Patch seorang pelukis nyentrik yang telah memutuskan untuk menggunakan kuas yang tak biasa dan hanya dia yang memilikinya, kuas yang juga selalu dia bawa kemana-mana dan sudah dia miliki sedari lahir, dia bahkan menamai kuas kesayanganya itu "Picasso" (Picasso yang asli pasti tak akan senang mengetahui namanya di gunakan unntuk kuas yang satu ini) dan kuas yang dimaksud Tim adalah Alat kelaminya sendiri. Tim akhirnya memutuskan untuk menggunakan alat kelaminya sendiri setelah lama merasa tak puas dengan hasil lukisan yang menggunakan kuas biasa, Tim yang memulai karir melukisnya dari jalanan ini, sejak menggunakan kuas ajaibnya mulai bisa tampil dan melakukan demo di berbagai acara yang bertemakan sex, tapi hal yang paling mengejutkan adalah lukisan hasil kuas ajaib milik Tim ternyata tak buruk, dan terlihat bagus, mengingat kuas yang yang digunakanya memiliki banyak keterbatasan.


Millie Brown - Melukis dengan cara Muntah 


Wanita ini bernama Milie Brown, seorang pelukis yang telah menciptakan sebuah teknik seni lukis yang bagi kebanyakan akan terdengar sebagai sesuatu yang menjijikan, Milie menyebut dirinya sebagai "Vomit painter" atau dalam bahasa Indonesia berarti "Pelukis Muntah" beberapa orang menyebut apa yang dilakukan oleh Milie sebagai seni, tapi tentu lebih banyak yang tidak sependapat, cara Millie melukis cenderung diluar kebiasaan para pelukis pada biasanya, untuk bisa menghasilkan satu lukisan Milie harus meminum susu yang berwarna-warni lalu kemudian berusaha memuntahkan di sebuah kanvas putih untuk menghasilkan sebuah lukisan bergaya Abstrak. Butuh waktu lama bagi Millie untuk bisa menguasai teknik "Regurgitasi" (memuntahkan makanan lewat rangsangan pada tenggorokan) sampai bisa menghasilkan lukisan yang sesungguhnya. Salah satu lukisan Millie yang berjudul "Nexus Vomitus" anehnya terjual dengan harga $ 2.400, dan digunakan sebagai latar dalam pertunjukan opera akustik yang diperankan oleh Patricia Hammond dan Zita Syme.


Vinicius Quesada - Melukis dengan Darah

  
inicius Quesada adalah seorang seniman jalanan yang sanat berbakan dari Brazil. Dia dikenal suka menambahkan elemen kejutan dalam karya seninya. Dan itu benar-benar ditunjukan dalam karya seninya yang berjudul "Blood Pies Blues" (Darah dan Urine dalam harmoni), yang dibuatnya benar-benar menggunakan apa yang dia jadikan judul dari lukisan itu yaitu Darah Dan Urine. Seniman jalanan asal Brasil ini berhasil membuat seni psychedelic (penggunaan warna yang cerah dan kontras) dengan sangat rinci dalam karyanya yang bergambar Geisha Berpedang, Monyet yang sedang merokok, dan  dan gambar apokaliptik lainnya.

Vini mengaku hanya menggunakan darahya sendiri, dan hanya bisa mendapat sekitar 450 ml setiap dua bulan sekali, darah itu diambil dirumah sakit dengan bantuan orang yang ahli, Dia mengaku tak pernah menggunakan darah orang lain dan menyebabkan kerugian pada mahkluk apapun untuk lukisanya dan ini tak ada hubunganya dengan ritual agama atau pemujaan setang apapun karena dirinya merupakan seorang  Atheis. Seniman yang mengaku tengah vakum sejak bulan maret ini mengaku telah mengumpulkan banyak cadangan darahnya sendiri dan mesti banyak orang yang menawarinya darah mereka, dia selalu menolak dan berkata pada orang-orang itu untuk menyumbangkan darahnya ke palang merah yang lebih membutuhkanya dari pada karya seni miliknya.



 Seniman asal Amerika Kira Ayn Varszegi, menggunakan payudaranya sendiri yang berukuran 38DD sebagai pengganti kuas saat melukis, teknik melukis Kira sangat otentik tapi juga begitu sederhana, Ia hanya melumuri payudaranya dengan cat minyak kemudian menempelkanya ke kanvas dan sedikit menekanya agar cat itu menempel, proses ini diulanginya berkali-kali sampai dia mendapatkan kompinasi warna yang pas dan merasa puas pada hasil lukisanya. Kira mengaku tujuannya dari karya seninya adalah untuk membangkitkan emosi, dan memberi ruang baru dalam sudut pangdang keindahan, yang lebih penting lagi dia ingin membuat orang tersenyum dengan karya seninya, demi tujuanya itu Kira sempat menggunakan berbagi media yang berbeda untu melukis diantaranya, Sikat gigi, Sayuran dan juga bagian-bagian lain dari tubuhnya, meski lukisan Kira terdengar konyol Dia mengaku telah banyak menjual hasil lukisanya di Ebay dengan kisaran harga ratusan Dollar, dan bahkan mengklaim bahwa lukisanya telah terpajang di setiap dinding rumah yang ada di Amerika. 


Ani K - Melukis dengan Lidah


Mencari nafkah sebagai seorang pelukis memang sangatlah sulit, harus selalu bergumul dengan hal-hal yang kotor dan juga makan apapun yang bisa di temukan di dalam kulkas, bahkan jika itu bukanlah makanan. Tapi Ani K sepertinya berfikiran berbeda, Ia justru menggunakan lidahnya sebagai media untuk melukis dan bahkan melakukan itu secara teratur, aneh memang karena Ani K tak merasa mual ataupun sakit kepala akibat bau dari cat minyak yang Ia jilati. Tapi Ani mengaku pada saat dia mulai melukis menggunakan lidahnya, Dia juga mengalami sakit kepala yang parah dan juga rasa mual yang tak tertahankan akibat dari bau menyengat yang dihasilkan oleh cat minyak yang dia gunakan,  tapi setelah beberapa lama dia mulai terbiasa dan kebal terhadap bau cat. Sejauh ini Guru menggambar ini telah menyelesaikan 20 lukisan cat minyak, termasuk salah satu lukisanya berukuran 2,4m berjudul  Leonardo da Vinci The Last Supper, yang bergambar Yesus beserta murid-muridnya, lukisan ini sendiri dia selesaikan dalam waktu 5 bulan.


Chris Trueman - Melukis dengan Semut Mati
 

  
Seniman Chris Trueman menggunakan media yang sangat tak biasa untuk melukis sebuah karya yang Ia beri nama  "Self-Portrait With Gun." (Foto Pribadi dengan Senapan), Trueman menggunakan lebih dari 200.000emut mati untuk membuat karya seninya ini, Lukisan ini sendiri merupakan representai Potret Adiknya yang sedang memegang senapan dalam bentuk seni lukis. Untuk membuat karya seninya ini Trueman harus melalui perang batin karena dia sebenarnya tak suka membunuh semut yang dia gunakan dalam lukisanya ini. Lukisan hasil karya Trueman yang tergolong berlumuran darah semut ini, ini telah ditawar dengan harga mencapai $35.000.


Sejatinya sebuah lukisan merupakan representasi jati diri dari seorang pelukis, namun yang menjadikan sebuah lukisan bermakna bukanlah cara untuk melukisnya melainkan apa yang digambarkan dalam lukisan itu sendiri.
    
Read more ...

Rabu, 05 Oktober 2016

Fakta Unik Meledaknya Lagu Pen Pineapple Apple Pen


Fakta Unik Meledaknya Lagu Pen Pineapple Apple Pen - Video yang berisi lagu berjudul Pen Pineapple Apple Pen (PPAP) ini tiba-tiba menjadi hits di media sosial. Sebenarnya lagu ini sederhana dan hanya memiliki durasi kurang dari satu menit. Tapi karena dibawakan oleh penyanyinya yang lucu dan liriknya membuat geli siapapun yang mendengarnya, lagu ini menjadi dikenal oleh banyak masyarakat. Videonya sangat konyol dengan lirik yang aneh dan sangat tidak penting. Walaupun begitu, siapapun yang melihat video dan mendengarkan liriknya pasti tertawa dan menjadi ingin mengulangi video tersebut.

Kali ini akan dibahas mengenai fakta apa saja yang ada dibalik lagu PPAP ini. Sebenarnya PPAP ini sudah di upload oleh seseorang bernama Piko Taro di akun YouTube nya. Namun tak disangka, lagu yang aneh ini kemudian menjadi dikenal oleh banyak orang dan sudah memiliki lebih dari 7,5 juta penonton di media sosial. Bahkan saking aneh dan uniknya, banyak orang yang membuat cover lagu ini dengan gerakan yang aneh. Berikut ini adalah fakta dari lagu PPAP:
 

Pencipta Lagu PPAP
Pencipta lagu PPAP ini adalah Piko Taro. Ia adalah seorang penyanyi dan penulis lagu yang berasal dari Jepang. Piko Taro berasal dari Furusaka University, Chiba, Jepang. Ia pertama kali dikenalkan oleh komedian sekaligus DJ yang berasal dari Jepang, bernama Kazuhiko Kosaka. Kosaka memperkenalkan Piko Taro pada acara stand-up komedi, dan ternyata saat itu banyak yang menyukai karakter Piko Taro, dan membuat Kosaka ingin mengembangkan karakternya dengan mambuatkan akun YouTube pribadi untuk Piko Taro.

Proyek Untuk Piko Taro
Selain mengembangkan karakter, Kosaka ingin membuat Piko Taro ini semakin hits. Sebenarnya masih ada 9 lagu dan video yang ia buat dengan konsep yang sama anehnya, dan tentunya unik. Jadi, PPAP bukanlah satu-satunya karya yang akan dikeluarkan oleh Piko Taro. Lagu PPAP dan videonya menjadi awal dari pengenalan karya dan karakternya sebagai Piko Taro yang konyol dan kocak. Agar mempunyai ciri khas, Piko Taro akan selalu menggunakan pakaian yang berwarna terang dengan background berwarna putih.

PPAP Tidak Memiliki Makna
Sebenarnya lagu PPAP ini hanya diciptakan sebagai hiburan belaka. Jadi, tidak ada maksud dan makna di dalamnya. Penciptanya pun juga mengatakan kalau lagu ini memang benar-benar tidak memiliki makna apa-apa. Jadi, tidak usah berpikir kenapa liriknya seperti itu dan kenapa pada lagu itu gerakannya harus seperti itu. Hanya membuang-buang waktu saja. Karena liriknya menghibur dan membuat pendengar tertawa, mendingan kita lihat videonya dan ikut menyanyi saja biar kita jadi ikut terhibur.

Melatih Lidah
Ada yang bilang kalau lirik lagu ini diciptakan juga untuk melatih lidah. Tapi nyatanya, jika kita menyanyikan lirik lagu ini secara cepat, pasti akan kesulitan. Mungkin memang benar salah satu tujuanya adalah untuk melatih lidah. Karena kita menyadari atau tidak, menyanyikan PPAP ini membuat kita terlatih untuk mengucapkan kata “pen” dan “pineapple”, serta saat kita menyanyikan full liriknya. Lucu dan sangat mendidik, ya.

Kecanduan
Siapapun yang mendengarkan lagu ini pasti pada awalnya akan kebingungan maksud dari lagu ini apa karena liriknya yang hanya begitu saja dan sangat sederhana. Namun tanpa kita sadari, pendengar lagu ini pasti merasa senang dan tertawa karena mendengarkan liriknya, dan juga melihat Piko Taro yang juga melakukan gerakan yang sederhana. Banyak yang kemudian ingin mengulanginya lagi karena penasaran dan terus melihatnya, lalu menyanyikan, dan kemudian ikut menirukannya.

Cover Lagu PPAP
Karena banyak yang tertarik bahkan sampai kecanduan, lagu PPAP ini juga tak sedikit yang ikut menyanyikan dan mengikuti gerakannya, lalu di upload ke media sosial. Tujuan mereka hanya untuk lucu-lucuan saja karena ingin mengikuti video PPAP yang sekarang sedang hits. Ada yang mengikutinya sama persis, dan ada yang memodifikasi gerakan serta lirikannya yang tak kalah aneh dan uniknya. Intinya, isi dari videonya sama saja untuk lucu-lucuan seperti yang dibuat oleh Piko Taro dan sampai disaksikan oleh jutaan penonton.

PPAP Menjadi Viral di YouTube
PPAP yang sebenarnya sudah di upload oleh Piko Taro di YouTube ini menjadi banyak yang menyukai dan mendapat tanggapan baik dari masyarakat. Lagu ini menjadi viral di YouTube karena memiliki tiga syarat untuk bisa menjadi viral. Yang pertama, lagu PPAP ini earworm, atau mudah didengar dan dinikmati, serta melekat di telinga bagi spapapun yang telah mendengarkan. Yang kedua, koreografi yang diperagakan oleh Piko Taro dalam video klip PPAP ini sangat simple dan unik, membuat siapapun yang melihat menjadi tertawa dan merasa terhibur dan ingin mengikuti. Yang ketiga, lirik lagu PPAP yang kocak dan sebenarnya tidak penting, justru menjadi sorotan masyarakat dan dianggap sangat lucu. Selain tidak penting, lirik lagu PPAP juga sebenarnya tidak masuk akal dan tidak memiliki makna yang bisa diserap oleh para pendengar yang menyukai lagu ini. Selain melalui akun YouTube, video dari PPAP ini tentunya sudah tersebar melalui akun instagram, facebook, dan twitter, serta media sosial lainnya.


Itulah beberapa fakta mengenai video dan lagu Pen Pineapple Apple Pen (PPAP) yang menjadi sangat viral di YouTube dan akun-akun media sosial lain. Video berdurasi 1 menit 23 detik ini mengundang banyak reaksi dari netizen dengan goyangan Piko Taro yang semangat sambil menyanyikan lagu PPAP. Beberapa alasan menjelaskan bahwa lagu ini banyak disukai karena liriknya yang aneh dan lain dari yang lain. Lumayan untuk dijadikan hiburan bagi siapa saja yang telah menyaksikannya. Bahkan dari fakta diatas juga telah dijelaskan mengenai orang-orang yang ikut menyanyikan dan mengikuti gerakan dari PPAP karena ia juga ingin membuat video yang unik dan lucu, alias #PPAPChallenge. Tak hanya itu, banyak akun-akun media sosial yang membuat meme atau gambar lucu dari video ini. Saking gemasnya, banyak channel di YouTube yang meng-upload ulang video ini. Piko Taro berhasil membuat karakter yang mampu menghibur siapapun yang telah melihat video ini sampai membuatnya kecanduan walaupun sambil mendengarkan liriknya yang mungkin membuat kita bertanya-tanya karena tidak paham. Setelah ini, akan ada beberapa video lain dari Piko Taro yang akan diunggah ke akun YouTube nya dengan tema yang sama, yakni unik dan kocak. Piko Taro juga akan tampil dengan ciri khasnya menggunakan pakaian berwarna terang dan memperlihatkan wajah konyolnya saat menyanyi dan bergoyang. Tak lupa, Piko Taro akan menggunakan outfit dan animal scarf nya. Untuk kalian yang belum sempat menonton video ini, langsung aja search di YouTube atau di instagram yang videonya juga udah nyebar. Selamat menyaksikan!

Read more ...

Jumat, 07 Agustus 2015

Keajaiban Papua yang Kurang Dikenal

Keajaiban Papua yang Kurang Dikenal - Mendengar kata Papua, pasti yang terlintas di benak Anda adalah suku-suku pedalaman. Rupanya, Papua memiliki keajaiban yang belum diketahui banyak orang. Siap-siap terkejut karena selain salju, Papua punya beberapa keajaiban lain!

Berada di ujung timur Indonesia, Papua memiliki beragam destinasi menarik untuk dikunjungi. Anda bisa mengarungi Danau Sentani dengan banyak gugusan pulaunya, bercengkrama dengan suku-suku yang masih memegang adat dan tradisi, seperti memakai koteka, atau bermain-main di wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini di Merauke.

Ternyata, Papua juga memiliki banyak keajaiban. Keajaiban tersebut ada yang berasal dari alam, buatan manusia, atau pun misteri yang belum terpecahkan. Berikut 5 keajaiban Papua seperti yang dikutip dari goodnewsfromindonesia.org:


1. Salju Di Negara Tropis


Ingin melihat salju di Indonesia? Datanglah ke Gunung Carstenz. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Papua, dengan ketinggian 4.884 mdpl dan menjadi salah satu dari 7 puncak benua atau yang dikenal Seven Summit Continental. Carstenz merupakan rangkaian dari Pegunungan Jaya Wijaya di Taman Nasional Lorentz. Di puncaknya terdapat salju abadi.

Jika anda berkesempatan terbang di atas puncaknya, salju berwarna putih pun terlihat jelas di antara bebatuan hitam. Pemandangan berupa bebatuan abu-abu yang besar-besar, Danau Biru, tidak ada kehidupan, dan awan yang menyelimuti Carstenz pun terlihat jelas.

Jika ingin mendaki Carstenz, Anda harus menyiapkan perbekalan dan fisik untuk mendaki selama 11 hari. Pendakian Carztens dapat dimulai dari Sugapa di kabupaten Puncak Jaya. Dari Sugapa, Anda dapat menyewa porter dengan biaya sekitar Rp 500rb – 1 juta per harinya.

Untuk menapakan kaki di Puncak Carstenz, Anda juga harus bisa teknik tali-menali. Sebabnya, Anda harus menyeberangi jurang setinggi 100 meter dengan cara menggantungkan diri dan merambat di tali di udara untuk berdiri di tempat turunnya salju di Indonesia ini.

Puncak Carstenz adalah titik tertinggi di sebuah pulau yang tertinggi di dunia seperti yang dapat anda lihat daftarnya disini

Puncak Carstenz menjadi salah satu dari tujuh puncak tertinggi dari tujuh benua di bumi yang dikenal dengan sebutan Seven Summits yang dapat anda baca disini

2. Pasir Putih Di Atas Bukit


Jika biasanya pasir putih identik dengan pantai, maka berbeda di Wamena, sebuah distrik di Kabupaten Jaya Wijaya, Papua. Di sini Anda akan dibuat takjub melihat hamparan pasir putih yang ada di atas bukit. Ajaib!

Bukit tersebut bernama Bukit Sumpula. Cukup mudah untuk datang ke sana. Dari Kota Wamena, hanya memakan waktu sekitar 45 menit saja. Ada 6 tempat di sini yang memiliki hamparan pasir putih. Rerumputan menjadi alas berpijak setibanya di sana. Namun, pasir putih tersebut akan terlihat saat Anda mendaki bukit tersebut. Pasir putih di sini terhampar luas dan sangat halus.

Anda hanya dikenakan biaya sukarela untuk naik ke atas bukitnya. Cukup melelahkan memang untuk mendaki sampai di atas puncaknya. Tapi, dari atas ketinggian, Anda akan melihat pemandangan kontras antara rerumputan hijau, batu berwarna abu-abu, Pegunungan Jaya Wijaya yang berwarna hijau bagaikan pagar raksasa, dan pasir yang berwarna putih.

Memang, Wamena tidak mempunyai pantai. Tapi bukit berpasir putih ini cukup memberitahu tentang anak-anak di Wamena, bagaimana rasanya bermain-main di tepian pantai. Anda akan benar-benar terbius.

3. Mumi Di Pedalaman Indonesia


Tidak perlu jauh-jauh ke Mesir untuk melihat mumi. Di Wamena, terdapat mumi Papua yang rupanya tidak kalah ‘seram’ dari mumi di Mesir. Warnanya hitam dan lekuk tubuhnya terlihat jelas. Mumi tersebut tidak dalam posisi tidur, melainkan duduk sambil kedua tangan memegang lutut dan kepala yang mendongkak ke atas.

Mumi Papua ini tidak dibalut perban dan jumlahnya sekitar 6 di Wamena, yang paling terkenal adalah di Kampung Sompaima, Distrik Kurulu. Proses pembuatan mumi ini yaitu dijemur dan dikeringkan di gua. Mayat yang dijadikan mumi pun bukan orang sembarangan. Mumi-mumi tersebut adalah para kepala suku atau panglima perang. Umurnya? Sekitar 300 tahun!

Yang lebih mencengangkan lagi, mumi ini bukan sebagai tradisi atau ritual. Para kepala suku atau panglima perang tersebut, berpesan untuk dijadikan mumi agar memberikan kesejahteraan bagi para suku dan masyarakatnya.

Untuk melihat mumi ini, Anda pun diwajibkan untuk membayar uang sekitar Rp 100-150 ribu per rombongan. Uang tersebut pun menjadi pemasukan bagi masyarakat sekitar. Selain itu, masyarakat sekitarnya juga menjual beragam suvenir untuk Anda beli sebagai oleh-oleh. Suvenir tersebut berupa kalung taring babi hingga noken. Benar-benar mensejahterakan bukan?

4. Lukisan Misterius Di Gua Kontilola


Satu lagi keajaiban dari Wamena, Gua Kontilola. Gua ini letaknya sekitar 1 jam dari Bandara Wamena. Untuk memasuki gua ini, Anda harus mendaki tangga-tangga alami dan menjelajahi hutan sekitar 10 menit. Setibanya di mulut gua, terdapat aula besar dengan udara lembab dan bau dari kotoran kelelawar.

Gua ini merupakan gua horizontal. Namun, untuk masuk ke dalamnya Anda harus menyediakan peralatan lengkap seperti senter, sepatu boots, helm, dan pengaman lainnya. Sehingga, Anda hanya bisa sampai di aula besarnya saja jika tidak membawa perlengkapan yang lengkap. Tak perlu kecewa, dari aula besar gua ini Anda dapat melihat suatu keajaiban yang juga menjadi misteri.

Ya, misteri tersebut adalah beberapa lukisan yang ada di dinding gua setinggi 3 meter. Lukisan itu pun dapat Anda lihat jelas dengan mata telanjang. Anehnya, lukisan tersebut tidak menggambarkan rupa orang-orang Papua, melainkan menggambarkan manusia dengan bentuk yang aneh.

Bentuknya memang menyerupai bentuk tubuh manusia. Akan tetapi, jika diperhatikan, kepalanya berbentuk bulat seperti bola dan tidak memiliki rambut. Matanya pun bulat sempurna, tidak seperti manusia pada umumnya. Selain itu, jari tangan yang ada pada lukisan tersebut berjumlah empat. Berbeda dengan manusia yang berjari lima. Hii!

Menurut masyarakat setempat, lukisan ini telah lama ada di dalam gua. Mereka pun percaya bahwa ini adalah peninggalan leluhur. Gua ini memang belum banyak dikenal oleh traveler. Jadi, masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.

5. Telaga Biru Yang Berwarna Hijau


Satu tempat di Papua yang belum dijamah para traveler adalah Telaga Biru di Distrik Maima, Wamena. Dari Distrik Maima, Anda harus trekking dari Distrik Maima untuk tiba di Telaga Biru.

Telaga ini tersembunyi di balik bukit terjal, dikelilingi tebing hijau yang menghalanginya dari lanskap sekitar. Telaga ini pun dianggap sakral oleh masyarakat setempat. Konon, telaga ini adalah tepat munculnya manusia pertama kali di bumi.

Keajaiban di telaga ini adalah dari warnanya yang hijau toska. Entah darimana asal warna hijau tersebut. Selain itu, larangan untuk berenang di sini pun harus dipatuhi oleh para turis. Menurut masyarakat setempat, dulu ada turis yang berenang dan menemukan Honai (rumah adat Suku Dani) di dalam telaganya. Percaya???


ANEHnya PAPUA:

* Siswa SD Papua Membuat Game Simulator Mengemudi
Read more ...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Supported By Mael For You