Kamis, 24 Juli 2014

Pria Dengan Tatto Homer The Simpson Terbanyak di Dunia

Seorang pria asal Selandia Baru berhasil menyabet rekor dunia berkat tatto di lengan kirinya. Pria bernama Lee Weir itu berhasil memecahkan rekor lantaran memiliki tatto Homer The Simpson terbanyak di dunia.

Pria berusia 27 tahun itu memilih Homer karena memang fans berat The Simpsons sejak kecil. Hingga kini Lee telah menghiasi lengannya sebanyak 41 tato Homer dalam berbagai gaya, yang sekaligus membuatnya menjadi pemegang rekor dunia.

Simpsons-2 copy

Ayah satu anak ini menghabiskan total 25 jam untuk membubuhkan semua gambar tinta tersebut oleh temannya yang tukang tato, Ben Jenkins. Setelah itu Lee pergi ke dematologist untuk meminta laporan keaslian dan mendaftarkannya ke Guinness World Record.

Kini Lee mengaku senang bisa memecahkan rekor dunia, namun dia merasa tidak perlu merayakannya secara berlebihan. "Bisa memecahkan rekor seperti ini tidak hanya keren bagiku tapi juga brilian" ucap pria berusia 27 tahun. "Rekor ini memang tidak akan membuatku jadi orang yang lebih baik tapi aku yakin membuatku jadi sedikit terlihat keren."

Selain dianggap keren dengan tato Homer, namun ada satu alasan lain bagi Lee. Keinginannya untuk mentato karakter tersebut ternyata dipicu oleh masa lalunya. Sejak ia kecil sang ayah selalu melarangnya untuk menyaksikan serial The Simpson yang dianggap tidak pantas dijadikan tontonan. Namun karena sudah terlanjur cinta berat terhadap Homer, kini ia sudah memerdekakan dirinya dengan tato karakter Homer penuh dilengannya.
Read more ...

Selasa, 08 Juli 2014

Turia Pitt, Dobrak Dominasi Perempuan Cantik di Sampul Majalah

Biasanya, perempuan yang menghiasi sampul majalah didominasi oleh bintang muda Hollywood atau supermodel terkenal. Namun dua kategori itu tidak dimiliki oleh Turia Pitt.

Turia Pitt, seorang perempuan Australia bukan super model dari Hollywood atau aktris cantik nan seksi. Namun penampilannya pada sampul majalah Australia Women's Weekly menjadi contoh inspirasi yang mengesankan. Munculnya Pitt pada sampul majalah tersebut telah meruntuhkan dominasi perempuan ala Hollywood di sampul majalah.

Pitt, kini berusia 26 tahun. Tiga tahun lalu ia menjadi korban kebakaran. Saat menjadi peserta Ultra Marathon di Australia, Pitt Turia terjebak dalam sebuah kebakaran di semak-semak. Turia mampu bertahan meski menderita kebakaran hingga 65 persen dari tubuhnya. Hingga saat ini, Turia telah menghabiskan waktu di rumah sakit lebih dari 2,5 tahun demi bertahan hidup dan telah melakukan 100 kali operasi.

Hari ini, Turia yang bergelar Insinyur Pertambangan ini, kini menjadi motivator, penulis dan pembicara. Keputusan untuk menurunkan Turia Pitt sebagai model sampul bermula saat ia terpilih menjadi salah satu juri anggota pemberian beasiswa dan penghargaan tahunan Perempuan Masa Depan dari Women's Weekly. Saat itu Pitt Turia sedang melakukan sesi pemotretan sebagai salah satu anggota juri. Redaktur majalah mingguan yang mengamati sesi pemotretan tersebut sangat terkesan, dan segera memutuskan untuk menjadikan Pitt Turia sebagai model sampul majalah mereka.

"Saat Turia diambil fotonya sebagai salah satu juri acara penghargaan Perempuan Masa Depan, yang menampilkan perempuan Australia yang mengesankan, ia sedang duduk dihadapan kamera. Tiba-tiba saat itu kami sadar bahwa ia akan menjadi sampul majalah ini untuk bulan Juli" kata Helen Mc Cabe, Pemimpin Redaksi Australia Women's Weekly.

"Setiap usaha untuk menggambarkan keajaiban dan keindahan Turia tampaknya begitu sulit dilakukan. Namun saya belum pernah bertemu orang yang lebih luar biasa" kata Mc Cabe melanjutkan.

Pitt Turia sendiri meyakini, sampul majalah yang menjadikan dirinya sebagai model akan membawa dampak khusus. "Menjadi sampul majalah tersebut adalah sebuah kehormatan. Saya merasa sangat tersanjung" katanya.

"Buat saya, kepercayaan Women's Weekly ini menjadi sebuah pesan bahwa kepercayaan diri seseorang adalah sebuah bentuk kecantikan yang lain. Begitu banyak perempuan yang cantik, namun mereka tak memiliki rasa percaya diri, tapi ketika anda percaya diri, anda akan mampu melampaui itu semua" kata Pitt melanjutkan.

Penampilan Pitt Turia yang mengesankan ternyata menyentuh banyak orang di dunia, termasuk seorang blogger di Hello Giggles, Margaret Eby. Blogger ini menggambarkan Pitt bisa menjadi katalisator untuk perubahan yang nyata.

Kata Eby dalam tulisannya: Biarkan Pitt menjadi sebuah contoh bagi penerbit majalah perempuan lainnya. Kecantikan bisa muncul dalam berbagai bentuk. Perempuan butuh tampil dengan mengurangi kilauannya, namun lebih banyak tampil dengan keberanian dan ketabahannya. Mengurangi maskara, dan lebih menampilkan kepercayaan, prestasi dan kecakapannya. Lebih banyak warna kulit, lebih banyak latar belakang yang berbeda, lebih banyak lagi. Demikian tulis Eby dalam blognya.

Lalu Eby melanjutkan "apa yang akan terjadi jika majalah perempuan mulai menampilkan model sampul majalah yang tidak sempurna penampilannya? Apa yang akan terjadi jika majalah mulai menampilkan model sampul dengan wajah yang unik, dan latar belakang kisah yang menakjubkan? Bisa kah kita lakukan itu? Ya, sangat. Sangat bisa."


ANEHnya MAJALAH:

Read more ...

Ternyata Uang Pecahan 10.000 & 50.000 Juga "Terselip" Konspirasi!

Awalnya saya membaca sebuah artikel yang membahas tentang gambar yang ada pada uang Rp. 10000 yang bentuknya seperti simbol piramida Illuminati. Akhirnya, saya memutuskan untuk memastikannya sendiri. Ternyata segitiga itu memang ada, tapi setelah saya teliti bagian lainnya, ternyata ada beberapa lagi motif-motif dari uang ini yang saya curigai sebagai simbol illumiti. Untuk lebih jelasnya, inilah gambar atau motif-motif tersebut :

The Unfinished Pyramid

Unfinished Pyramid adalah Piramida dengan mata satu di atapnya atau sering juga disebut sebagai Piramida Terpenggal (All Seing Eyes). Simbol Piramida Illuminaty ini dijadikan sebagai lambang negara Amerika Serikat (The US Great Seal), selain simbol burung elang di baliknya. Piramida Illuminaty ini juga ada di dalam mata uang One Dollar US. Dimana piramida itu terpenggal atau belum terselesaikan.

Dewa Matahari, Ra (Amon-Ra)

Dewa matahari, Ra (Amon-Ra)(salah satu mata dewa Horus adalah matahari) adalah dewa yang dianggap sakral oleh kelompok Freemason/Illuminati. Ra (Re atau Amon-Ra) adalah dewa Matahari Mesir Kuno. Ra juga dianggap sebagai dewa tertinggi dalam kebudayaan Mesir Kuno.

Pentagram

Pentagram digunakan secara simbolis pada masa Yunani kuno dan Babilonia. Pentagram dihubungkan dengan dunia sihir, dan banyak orang yang mempunyai kepercayaan paganisme mengenakan kalung berbentuk pentagram. Agama Kristen pernah menggunakan pentagram dengan umum untuk melambangkan lima luka Yesus, namun umat Kristen saat ini mengaitkan bentuk tersebut dengan Setan.

Dan bukan cuma di nominal Rp. 10000 saja, pada nominal Rp. 50000 saya juga menemukan sebuah motif yang seolah-olah membentuk mata satu alias The All Seeing Eye.


ANEHnya UANG:

* Sejarah Mata Uang Indonesia Rupiah
* Kisah Office Boy Jujur Temukan Uang Rp.100 Juta
* Fakta UNIK Uang Kertas Rp 50.000 WR Supratman
* Pohon Misterius Berbuah Uang
Read more ...

Senin, 07 Juli 2014

Perbedaan Pria/Wanita dan Cewek/Cowok dalam Aktifitas Facebook

Dulunya aku berpikir Pria & Cowok itu sama, Wanita & Cewek itu juga sama.
Tapi setelah aku bertapa 3hari 3malam 3jam 3menit 3detik , akhirnya aku bisa ngerti ternyata sangat berbeda. Dilihat dari cara dia menggunakan Jejaring Sosial seperti Facebook.

1. Nama
Pria / Wanita: pakai nama asli, contoh: Putra Utama atau Putri Dewi
Cowokc/cCewek: pakai nama sepanjang tali jemuran,
contoh: Poetra Oetama Chayank Khamoe Celamanya atau Putrie Dewie Tak Ingin Dishakitie

2. Status
Pria / Wanita: jarang bikin status
Cowok / Cewek: bikin status sekali 5menit

3. Tulisan Status
Pria / Wanita: kalo pun bikin status tapi jelas, singkat & padat
contoh: saatnya tidur !
Cowok / Cewek: status dibikin pakai kalkulator & aneh
contoh: '4QuH m0 b0Bo'
atau bikin status kayak gini: m0 bObO t4pi ?? ( Tapi apanya kampret??,berharap ada yg coment trus nanya tapi apa?, haha )

4. Status Hubungan
Pria / Wanita: banyak yg disembunyikan, soalnya itu privasi & ga penting juga..
Cowok / Cewek: hari ini Lajang, besok Nikah, trus Lajang lagi kemudian tunangan kemudian berpacaran dgn si A atau si B (pusing)

5. Hubungan Kekeluargaan
Pria / Wanita: jarang ada
Cowok / Cewek: adiknya si A, kakaknya si B C D E F G, paman si H, nenek si I, Cucu si J, Bapak si K, Emak si L (hahaha keluarga cemara)

6. Foto Profil
Pria / Wanita: jarang ganti
Cowok / Cewek: sering gonta ganti

7. Upload Foto
Pria / Wanita: jarang upload
Cowok / Cewek: sering banget upload foto, lagi sama si itu di upload, lagi nyetir mobil di upload, nyetir becak, lagi boker, lagi ngupil, lagi tidur, lagi kena gampar, pokoknya semua di upload wkwkwk

8. Like
Pria / Wanita: kalo suka sama status seseorang kasih Like
Cowok / Cewek: suka ga suka malah ga ngerti yg penting Like & berharap Like balik ke status dia, seneng banget kalo statusnya banyak yg Like, padahal org Like karena terpaksa..

9. Fanspage
Pria/wanita: baca Fp kalo suka kasih Like, kalo coment sekedarnya
Cowok/cewek: suka ga suka Like, kalo coment Add me Add me ( napa ga lo aja yg Add ?? )

10. Pria / Wanita: baca status ini senyum2
Cowok / Cewek: kampret nyindir gue lo !!

Nah kamu termasuk yang mana ???


ANEHnya FACEBOOK:

* Asal-Usul Facebook
* Ciri-ciri Cowok Sedang Cari Pasangan di Facebook
* Ada Facebook Fans Page Bernama SPERMA (Serikat Pendukung Rhoma Irama)
Read more ...

Minggu, 06 Juli 2014

Pria ini Selamat Meski Kepalanya Terlindas Mobil

Apa yang ada dibayangan anda jika melihat kepala seseorang terlindas ban sebuah mobil ? anda pasti mengatakan tidak akan selamat. Namun sesuatu yang sangat berbeda dan bisa dikatakan sebuah keberuntungan yang luar biasa terjadi kepada seorang pria di polandia.

Seorang pria berusia 25 tahun yang bernama Jarek Sawickio tertidur di halaman parkir sebuah toko di kota Myslowice, selatan Polandia, setelah dia tidak mendapatkan minuman beralkohol dari pemilik toko. Beberapa saat setelahnya sebuah mobil sedan melaju mundur dan ban mobil tersebut tepat melindas kepala Jarek.

Yang sangat luar biasa, Jarek selamat walaupun kepalanya terlindas, bahkan dia tidak mengalami luka serius, hanya mengalami lecet-lecet saja.
Read more ...

Terungkap, Misteri Cara Membangun Piramida Mesir

Bangunan Piramida di Mesir masih jadi 'magnet' bagi para peneliti seantero dunia. Mereka berusaha memecahkan teka-teki cara masyarakat Mesir kuno membuat bangunan itu.

Kali ini giliran peneliti dari University of Amsterdam, Belanda. Menurut mereka orang Mesir kuno mengandalkan trik pintar, pasir basah. Mereka menempatkan benda berat (batu dan patung besar) pada sebuah kereta luncur di pasir gurun, yang sebelumnya telah dibasahi dengan air.

Melansir Mashable dan Daily Mail, Jumat 2 Mei 2014, saat pasir gurun kondisinya lembab, pasir akan menjadi lebih kaku jika dibandingkan saat kering. Kelembaban yang tepat dapat menghasilkan pasir yang lebih padat dan rata.

Menurut salah satu peneliti, dengan perpaduan air yang tepat kereta dapat meluncur lebih mudah dan cepat. "Itu karena pasir tidak akan menumpuk di depan kereta luncur, sebagaimana yang terjadi saat pasir dalam kondisi kering," kata dia.

Teori peneliti ini ternyata diperkuat dengan lukisan pada dinding makam salah satu Firaun, Djehutihotep yang menggambarkan trik mengangkut patung dan blok batu besar. Lukisan itu persis seperti percobaan yang dilakukan peneliti.

Hasil penelitian yang telah diterbitkan di Physical Review Letters ini bisa menjadi inspirasi baru bagi para ahli, agar dapat diterapkan pada transportasi di masa kini. Sebagai upaya penghematan konsumsi bahan bakar dari minyak bumi yang kian menipis.
Read more ...

Sabtu, 05 Juli 2014

Ukiran Rambut Wajah Javier Hernandez

Setelah sebelumnya dikabarkan bahwa ukiran rambut bergambar wajah Neymar tengah populer di Brasil, tren yang sama rupanya tengah menjangkiti para penggemar sepakbola di Amerika Serikat.

Menurut laporan yang diturunkan oleh AS, seorang ahli cukur rambut di San Antonio, Texas, Ferrel Rob, belakangan ini banyak menerima permintaan dari pelanggannya untuk membuat ukiran wajah pesepakbola terkenal di kepala mereka.

Berkat kelihaian dan keterampilan tangannya, lahirlah wajah-wajah familiar seperti Javier Hernandez di kepala plontos para konsumen.
Read more ...

Jumat, 04 Juli 2014

Merpati Jacobin, Burung yang Paling Modis

Ternyata tidak hanya manusia yang ingin tampil modis. Seekor burung merpati Jacobin yang diperkirakan asal Asia Selatan ini tidak mau kalah. Dengan bulu di lehernya yang seakan memakai "jaket bulu", membuat burung ini tampak cantik dan "modis".

Sebenarnya burung ini adalah jenis merpati yang paling tua di dunia yang nyaris tidak diketahui dimana asal usul pengembang biakannya. Beberapa ahli percaya asal burung ini dari India. Tetapi para ahli lain menyatakan burung ini berasal dari Siprus. Jenis burung ini berkembang biak di Eropa sekitar abad ke 16.

Meski telah berkembang biak selama berabad-abad, merpati Jacobin mengalami perubahan yang luar biasa dalam 80 tahun ini. Tubuhnya agak kecil, ramping dan berukuran sedang. Bulu dan kakinya panjang, sedangkan ekornya ramping. Dengan bulu lebat dan tegak di lehernya, membuat kepala burung ini hanya terlihat dari depan. Posturnya yang tegap, membuat burung ini nampak lebih menawan.

Nama Jacobin diambil karena mirip dengan para biarawan Jacobin, yang selalu memakai tudung kepala berbulu. Ternyata burung ini juga merupakan kesayangan Ratu Victoria Inggris. Pada saat itu ia mengupayakan spesimen yang luar biasa agar koleksi burung ini meningkat.

Meski burung ini tampak halus dan mewah, tetapi sebenarnya jenis ini sangat rapuh. Selain karena makannya yang sedikit, bulu lebat di lehernya membuat dia tidak bisa terbang terlalu jauh.
Read more ...

Selasa, 01 Juli 2014

Desa Kurcaci di Tiongkok Bikin Ilmuwan Heran

Bertandang ke desa Yangsi di Tiongkok bagian barat daya, provinsi Sichuan, mungkin akan membuat Anda merasa seperti di negeri dongeng. Pasalnya, 40 persen warga di Yangsi lebih pendek dari normalnya manusia alias cebol.

Yangsi dihuni 80 warga itu memiliki penghuni kurcaci sebanyak 36 orang sehingga kerap disebut "Desa Kurcaci". Bahkan yang paling tinggi pun hanya 90 cm sedangkan paling pendek adalah 60 cm. Jumlah tersebut angkanya dianggap terlalu tinggi untuk disebut kebetulan, namun juga belum ada ilmuwan yang bisa memastikan penyebabnya.

Menurut laporan pejabat Kabupaten, penyakit aneh ditemukan pada 1951 yang korbannya digambarkan memiliki kaki pendek. Lalu sensus pada 1985 menemukan ada 119 kasus serupa terjadi di desa itu. Ternyata, penyakit ini tidak berhenti dengan diteruskan kepada generasi berikutnya.

Menurut kisah para tetua desa, mereka pernah mengalami serangan wabah misterius yang mempengaruhi kondisi anak-anak usia 5-7 tahun. Mereka tiba-tiba berhenti tumbuh dan tetap setinggi itu hingga akhir hayat dan sebagian menderita cacat. Namun para ilmuwan menyelidiki secara ilmiah dengan mempelajari kondisi air, tanah dan biji-bijian di sana meski tetap tidak menemukan jawabannya sejak 60 tahun lalu.

Sedangkan warga Yangsi sendiri meyakini fenomena ini ada kaitannya dengan roh jahat seperti kutukan leluhur atau legenda memakan kura-kura yang membawa kutukan atau feng shui desanya buruk. Ada juga yang percaya itu pengaruh gas beracun jaman penjajahan Jepang. Lalu pada 1997 muncul teori baru bahwa kekerdilan terkait konsentrasi merkuri yang tinggi dalam tanah tetapi itu juga belum terbukti.

Keadaan yang aneh itu akhirnya membuat generasi muda di Yangsi pergi dari desa karena takut tertular jadi kurcaci. Hal tersebut cukup membawa pengaruh baik dengan generasi muda yang tumbuh normal, tak seperti generasi tua yang hanya setinggi 80 cm.
Read more ...

Ilmuwan Besar Perancis Peluk Islam Usai Bedah Mumi Firaun

Maurice bertambah terkejut dan terus bertanya-tanya, dari mana Alquran mendapatkan data, sementara mumi tidak ditemukan sampai 1898. Maurice Bucaille lahir di Perancis. Setelah menamatkan pendidikan menengah atas, ia belajar di Fakultas Kedokteran, Universitas Prancis. Kemudian menjadi dokter bedah terkenal dan terpintar yang pernah dimiliki Perancis modern. Namun, cerita keislamannya mampu mengubah hidup dia.

Perancis terkenal sebagai negara yang tertarik dengan arkeologi dan budaya. Di akhir 80an, Perancis meminta Mesir untuk mengirimkan mumi Firaun untuk dilakukan serangkaian eksperimen dan penelitian.

Akhirnya mumi penguasa Mesir terkenal tersebut akhirnya tiba di Perancis. Mumi itu kemudian dipindahkan ke ruangan khusus di Monument Center. Para arkeolog, ahli bedah dan ahli anatomi mulai melakukan studi tentang mumi ini dalam upaya untuk menyelidiki misteri Firaun.

Dokter bedah senior dan ilmuwan yang bertanggung jawab atas studi tentang mumi Firaun adalah Profesor Maurice Bucaille. Sementara proses restorasi mumi berjalan, Maurice Bucaille sibuk dengan pikirannya. Dia mencoba untuk menemukan bagaimana Firaun ini meninggal.

Saat larut malam, ia menemukan penyebabnya. Sisa-sisa garam yang terjebak dalam tubuh mumi itu adalah bukti bahwa ia meninggal karena tenggelam dan mayatnya segera diangkat dari laut.

Terlihat jelas juga bahwa para pendeta Mesir kuno buru-buru mengawetkan tubuh Firaun tersebut. Tapi Maurice bingung dengan sebuah pertanyaan, bagaimana tubuh ini dengan mengesampingkan tubuh mumi lainnya dari Mesir kuno tetap utuh hingga sekarang meskipun tubuhnya pernah tenggelam di laut.

Maurice sibuk memikirkan hal tersebut ketika seorang koleganya mengatakan tidak usah terlalu dipikirkan karena dalam Islam disebutkan bahwa Firaun ini memang tenggelam.

Pada awalnya, dia sangat tidak yakin dan menolak pernyataan tersebut. Dia mengatakan penemuan seperti itu hanya bisa diketahui melalui peralatan komputer canggih dan modern.

Maurice bertambah tercengang setelah koleganya yang lain mengatakan bahwa Alquran, kitab suci yang dipercaya muslim, menceritakan kisah tenggelamnya Firaun dan mengatakan tubuh tersebut akan tetap utuh meskipun ia telah tenggelam.

Maurice bertambah terkejut dan terus bertanya-tanya, dari mana kitab suci umat Islam ini mendapatkan data, sementara mumi tidak ditemukan sampai 1898. Selain itu Alquran juga baru diturunkan kepada umat Islam selama lebih dari 1400 tahun setelah peristiwa tenggelamnya Firaun. Mengingat juga sampai beberapa dekade lalu seluruh umat manusia termasuk muslim tidak tahu bahwa orang Mesir kuno mengawetkan firaun mereka?

Maurice Bucaille terjaga sepanjang malam menatap tubuh Firaun, berpikir mendalam soal kitab Alquran yang secara eksplisit mengatakan bahwa tubuh ini akan utuh setelah tenggelam.

"Bisakah dipercaya nabi Muhammad SAW tahu tentang ini lebih dari 1.000 tahun yang lalu ketika saya baru saja mengetahu hal itu?" pikir Maurice.

Pikiran Maurice malam itu dipenuhi berbagai pertanyaan dan keheranan tentang kitab suci umat Islam. Mumi tersebut akhirnya dikembalikan ke Mesir.

Jatuh Cinta dengan Alquran

Tapi, karena ia sudah tahu tentang kisah Firaun versi muslim, ia segera berkemas dan melakukan perjalanan ke Arab Saudi. Kebetulan saat itu di Arab Saudi diadakan konferensi medis yang dihadiri banyak ahli anatomi muslim.

Di sana, Maurice memberitahu mereka tentang penemuannya, yaitu bahwa tubuh Firaun itu tetap utuh bahkan setelah ia tenggelam. Salah satu peserta konferensi membuka Alquran dan membacakan surat Yunus ayat 92 yang menceritakan kisah bagaimana tubuh Firaun diangkat dari dasar laut dan atas izin Allah, tubuh itu akan utuh agar menjadi bahan renungan bagi orang-orang yang berpikir sesudahnya.

Dalam kegembiraannya setelah dibacakan ayat tersebut, Maurice berdiri di hadapan para peserta konferensi berkata, 'Aku telah masuk Islam dan percaya pada Alquran ini'.

Saat kembali ke Perancis, Maurice Bucaille menghabiskan 10 tahun melakukan studi tentang kesesuaian fakta-fakta ilmiah saat ini dengan yang disebutkan dalam Alquran. Dia berusaha meyakinkan dirinya bahwa Alquran tidak pernah bertentangan dengan satupun fakta ilmiah.

Dia kemudian menulis buku tentang Alquran yang menghebohkan seluruh negara-negara Barat, dengan judul, "The Bible, The Qur'an and Science, The Holy Scriptures Examined In The Light Of Modern Knowledge."

Buku tersebut sangat laris dan bahkan ratusan ribu eksemplar telah diterjemahkan dari bahasa Perancis ke bahasa Arab, Inggris, Indonesia, Persia, Turki dan Jerman. Bahkan tersebar ke hampir semua toko buku di seluruh dunia.

"Sisi ilmiah dari Alquran telah mengejutkan saya sejak awal, karena pikiran saya belum pernah melihat begitu banyak kajian ilmu pengetahuan yang disuguhkan secara akurat. Itu semacam cermin bagi ilmu pengetahuan yang sudah ditulis dalam buku-buku ilmiah selama ini padahal ilmu tersebut sudah ada lebih dari 13 abad yang lalu," sepenggal catatan kata pengantar Maurice dalam bukunya.
Read more ...