Jumat, 24 April 2015

Makanan Sejuta Umat


Makanan Sejuta Umat - Ikan, ayam, telur, atau sayur? Jenis makanan di atas sangat jamak ditemui di Indonesia, apalagi ayam.

Ya, ayam dianggap sebagaian orang, makanan "penyelamat" dan hampir semua orang suka makan ayam. Artinya, jika tak ada makanan lain, ayam adalah menu utama atau pendamping (lauk), kecuali mereka yang vegetarian. Karena ayam bisa diolah dalam berbagai macam jenis makanan. Apa saja?

Ayam Goreng
Bayangkan, saat ini, di depan Sobat Lintas ada sepiring ayam dibumbu kuning yang digoreng. Ayam masih panas, aroma bumbu merebak, dan ketika dinikmati, rasanya itu.... Enak! Mudah didapatkan di mana-mana pula. Ayam goreng memiliki berbagai macam versi, ayam goreng Kalasan, ayam goreng kremes, ayam goreng penyet, sampai ayam goreng mentega. Siapa yang nggak suka ayam goreng?

Ayam Goreng Tepung
Nah, ini versi ayam goreng, hanya saja ayam berbalut tepung berbumbu. Ada bumbu original, BBQ, dan pedas. Saat kita menikmati ayam ini, ada bunyi kres, crunchy, dan tesktur lembut daging ayam. Biar lebih nikmat, cocolkan fried chicken - biasa ayam ini disebut - ke dalam saus sambal. Fried chicken ini banyak dijumpai di gerai makanan franchise.

Ayam Bakar
Kalau bosa makan ayam goreng, pilih saja ayam bakar. Cara membuatnya, ayam dibakar di atas bara api, sambil sesekali dikipas. Bumbunya pun macam-macam, ada ayam bakar bumbu manis, manis-pedas, madu, original, dan lain-lain. Enaknya sih, makan ayam bakar plus nasi hangat dan sambal merah matang. Sedap.

Ayam Panggang
Kalau ingin menghindari makanan digoreng atau dibakar, orang-orang pilih ayam panggang, karena prosesnya dipanggang di dalam oven. Sama seperti ayam bakar, ayam ini banyak memiliki versi bumbu. Namun biasanya, rasa ayam gurih agak manis. Nikmat dinikmati dengan nasi hangat atau mashed potatoes nan creamy.

Ayam Opor
Biasanya, opor ayam kerap dijumpai saat Idul Fitri alias Lebaran. Tetapi, ayam ini - sering - dijual di rumah makan Padang. Bayangkan Sobat Lintas, ayam bumbu kuning kental dimakan dengan potongan ketupat.... Sedap kan?

Ayam Rica-rica
Buat yang doyan pedas, pasti lebih pilih ayam rica-rica. Rasa pedas bikin orang semakin semangat! Ya, semangat makan dan bisa buat ketagihan.

Ayam Tangkap
Berbumbu rempah-rempah dan disajikan dengan daun kari, pandan, dan salam merupakan ciri khas ayam tangkap. Sepintas, kita akan melihat menu dari Aceh ini hanya lah sayuran dengan potongan kecil ayam. Tetapi, saat kita menyibak dedaunnan tersebut, kita akan melihat sepotong ayam berbumbu lezat.

Ayam Ungkep
Buat orang Indonesia, ayam ungkep bukan makanan baru. Dalam proses memasak, ayam berbumbu ini didiamkan selama 24 jam agar bumbunya merasuk. Ayam ungkep biasa disajikan pada hajatan atau acara besar keluarga atau upacara adat.

Ayam Betutu
Kalau ke Bali, jangan lupa makan menu ini. Ayam betutu. Rasa gurih dan spicy ayam ini tak bikin nagih.
Lain-lain

Masih banyak menu berbahan dasar ayam di Indonesia. Misalnya, ayam penyet, ayam gepuk, ayam woku, oseng-oseng ayam, sop ayam, nasi goreng ayam, dan lainnya yang kerap kita santap. Kalau dilihat dari sini, Indonesia kaya kuliner. Makanan dari ayam menjadi salah satu kekayaan tersebut dan ayam juga sebagai makanan sejuta umat. Mungkin juga penyelamat, ketika bosan dengan makanan itu-itu saja.


ANEHnya MAKANAN:

* 4 Makanan Indonesia Paling Mahal di Belanda
* Tempe Jadi Makanan Mahal di Jerman
* Cat Semprot Pertama di Dunia yang Bisa Dimakan
* 10 Aturan Makan dari Berbagai Negara
Jepang Telah Berhasil Membuat Makanan dari Kotoran (Tinja) Manusia???
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Supported By Mael For You