Minggu, 27 Juli 2014

Tips Menghadapi OSPEK

Bicara soal kuliah, pada inget pasti dengan yang namanya OSPEK. Yap. OSPEK, orientasi sesat pengenalan kampus. yah, setau gue sih judulnya gitu. Tapi menurut gue, judul yang pas untuk kegiatan tersebut adalah PMB, Pembodohan Mahasiswa Baru.

Nah, buat para calon calon mahasiswa nih ya, gak usah takut ama yang namanya OSPEK. Gue ada dibelakang kalian, dan selalu men-support kalian bagaimanapun caranya. Namun gak jarang ada yang bisa menemukan sahabat sejatinya pada saat OSPEK, bisa jadi cinta sejati, cinta segitiga, cinta segiempat, cinta trapesium bahkan cinta jajaran genjang. oke ini ngawur. Banyak juga kok sisi positif yang bisa diambil dari OSPEK, dengan mengesampingkan sisi negatifnya. Hehe.

Yah walaupun begitu, kalian pasti udah ngebayangin gimana senior galak, atribut manusia amazon, dan semacam karung beras yang akan dinikmati nanti. Gue akan memberikan tips dan trik (seperti biasa) bisa meringankan beban mental dan psikologi kalian saat menghadapi OSPEK di kampus masing-masing. Untuk sesi tips kali ini, mungkin gue akan membeberkan beberapa tips dari pengalaman orang lain dan akan dijadikan referensi untuk anak cucu kelak, Cekidot.

1. Jangan diam dan jangan aktif.
Sebagai calon mahasiswa atau mahasiswi baru, kita harus bisa menempatkan diri pada posisi tersebut, sedang sedang aja. Terkadang kalo terlalu aktif, elu bakalan dibilang "nyolot" kalo elo diem, bakalan dibilang "bisu", itu lumrah kawan. Kalo ditanya ama senior, diusahakan hanya menjawab satu kata. Misal : "mana name tag kamu?" | "dirumah senior" | "kenapa gak bawa??" | "ketinggalan senior" | "ambil cepat..!!!!" | "baik senior".
kamu akan di cap penurut dan gak macem macem.

2. Jangan takut terlambat.
Sebagai calon mahasiswa, jangan takut terlambat. Ingat kata gue, gak usah takut. Udah sepantasnya mahasiswa itu telat. Kalo ada senior yang nanyain kenapa kita telat, kamu bisa pake ini : "senior aja tuh yg dateng nya kepagian, emang ntar jam kuliah ada gitu subuh subuh??..." atau "kan senior nginep dikampus, lah gue? kan dari rumah, mana ada angkot kalo jam 3 pagi, apalagi ojek".
kalo elo dihukum gara gara ini, elo mesti minta banding kasasi, dan minta bukti bukti tertulis beserta undang-undang yang berlaku, yang akan menunjukkan bahwa kamu di cap pembangkang. Mereka (para senior) itu, tidak kebal hukum, kawan. Seperti dua buah pasal yang kalian ketahui. (senior gak pernah salah, kalo salah balik ke emak lo).

3. Menghafal lagu anak anak.
Ini merupakan hal yang penting, dan sangat berbahaya bagi Korea Lovers. Buat anak muda masa kini, khususnya Korean Lovers, kalo lo sampe disuruh nyanyi ama senior, dan lo gak bisa, tau kan akibatnya. So, let it flow gan. Gue saranin, kalian mesti meninggalkan sejenak lagu Super Junior, 2NE1, AmPm, T-Max, Shinhwa, SHINee, 2PM, Big Bang, 2AM, SS501, JYJ, TVXQ/DBSK, dan lain sebagainya. Gak mungkin senior nyuruh kalian buat nyanyiin itu. Segera hafal lagu anak anak dari zaman Majapahit sampai lagu anak trend masa kini, biar kalian siap dan lepas dari siksaan senior yang berharap kalian gagal untuk menyanyikan sebuah lagu anak anak. Entah knapa mereka sangat suka dengan lagu anak anak.
Misal : "cepat kamu!. nyanyi lagu potong bebek angsa, vokalnya diganti jadi "o" ya, awas kalo salah!!" | "nggak bisa senior" #SambilGoyangItik

4. Modifikasi Rambut.
rambuh adalah sasaran empuk bagi senior, buat cowok yang rambutnya panjang, bakalan di ukir jadi semacam bentuk kendi, yang cewek bakalan di kucir kepang 78 ikat. Solusi untuk hal ini ada dua. Kalian bisa milih, mau botak atau pake jilbab. yang cewek boleh botak, dan yang cowok boleh pake jilbab atau sebaliknya. It works.

5. Memilih kaos kaki
Persyaratan kaos kaki saat OSPEK, sudah pasti warna nya gak boleh sama. Dan di sepanjang perjalanan menuju kampus, elo bakalan di cap norak, gila, atau semacam itu deh. So, tips pemilihan warna dari gue, elo bisa memilih kaos kaki dengan warna hitam kombinasi biru donker gelap dikit, hijau tua ama hijau muda, merah ke oren-orenan dan orange kemerah-merahan, atau kuning tua dan kuning luntur. kamu bisa improvisasi dengan berdasarkan warna tersebut. OSPEK itu gampang,

So, gak ada yang perlu ditakutin deh dari kegiatan OSPEK, asalkan kalian bisa mengikuti kegiatan ini dengan sedisiplin mungkin sesuai dengan apa yang gue petuahkan. Misal toh ada senior yang tetep mengincar nyawa kalian walaupun udah disiplin, sabar aja. Ntar kalo kalian udah mulai kuliah kan jadi punya banyak temen seperjuangan. Nah, senior kalian yang tadi itu, bakalan sibuk ama Skripsi, takut gak lulus, ngulang mata kuliah, dan lupa ama junior yang pernah dibantainya.

Mungkin sekarang ini sudah tidak zaman nya lagi melakukan pembodohan massal seperti OSPEK terhadap anak muda penerus bangsa. Membangun negeri ini tidak diawali dengan memakai kalung pete, atau topi kertas kerucut. Membangun negeri diawali dengan pembentukan kepribadian yang cerdas dan religi. Dengan adanya proses OSPEK yang berkedok disiplin, masa depan negeri yang kita inginkan tak akan pernah kita temui. Anak muda mencerminkan masa depan bangsa, bukan yang tua. Anak muda memang akan menjadi tua, oleh sebab itu nantinya akan digantikan oleh anak muda berikutnya, dan begitu seterusnya. Proses pembentukan jati diri dan kepribadian suatu negeri di mulai dari diri sendiri. (lagi waras) Hiraukan saja senior yang tadi..


ANEHnya OSPEK:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Supported By Mael For You