Minggu, 26 April 2015

Jurusan Kuliah yang Bikin Kaya Mendadak


Jurusan Kuliah yang Bikin Kaya Mendadak - Buat sobat yang sedang bingung memilih jurusan kuliah pasca lulus SMU, ada baiknya mulai menyeleksi jurusan-jurusan dari universitas yang mampu memberikan jaminan untuk masa depan.

Walau pada beberapa sarjana lebih memilih jalan wirausaha dibanding bekerja di perusahaan, hal itu dikarenakan tingkat pendapatan yang jauh dari standar dan minimnya kesejahteraan beberapa perusahaan di Indonesia.

Banyak yang mengatakan, gaji sebagai pegawai tak ssebanding dengan perjuangan saat kuliah dulu. Padahal, tingkat persaingan semakin ketat dari tahun ke tahun.

Nah sobat, berikut ada 4 jurusan yang mampu membuat sobat kaya mendadak usai lulus dari jurusan ini. Bahkan, saat masih kuliah pun beberapa perusahaan berani merekrut untuk sekedar memberikan edukasi sampai saatnya wisuda nanti.


Tehnik Nuklir
Nih sob, jurusan teknik nuklir adalah salah satu jurusan yang menawarkan gaji menggiurkan bagi para lulusannya. Asal tau aja nih sob, besaran gaji pertama yang ditawarkan sebuah perusahaan berkisar pada angka 67.700 dolar Amerika atau sekitar Rp 86 juta lebih.

Biasanya nih sob, para pekerja di perusahaan ini bekerja di dalam dan di luar negeri, seperti Pertamina, PLTN, BATAN, Batantek, perusahaan perminyakan swasta, BPPT, pertambangan, Kementerian Negara terutama pada bagian Kesehatan dan Energi, Cevron, PLN, dan masih banyak lagi.

Untuk saat ini di Indonesia ada satu program studi Teknik Nuklir yang bisa sobat daftarkan, yakni Program Studi Teknik Nuklir, Jurusan Teknik Fisika - Universitas Gadjah Mada (UGM). STTN-BATAN di Jogjakarta juga merupakan rekomendasi lain untuk sobat yangingin bekerka di Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) karena memang langsung diawasi oleh BUMN tersebut.

Disini sobat akan mempelajari teknik nuklir berupa penerapan praktis bidang ilmu inti atom yang disarikan dari prinsip-prinsip fisika nuklir dan interaksi antara radiasi dan material.

Pelajaran yang diajarkan pun tak jauh-jauh dari di teknik nuklir dengan penerapan mertode ilmu dari matematika, bahasa Inggris, elektronika, gambar teknik yang rata-rata dikerjakan di ruang pratikum. Keren sob..!

Tehnik Elektro
Jurusan yang tak kalah bisa membuat sobat tajir mendadak adalah teknik elektro. Untuk yang baru lulus, perusahaan berani mematok gaji sebesar Rp 82 juta atau setara $ 64.300 dolar Amerika. Materi dasar untuk jurusan ini adalah kalkulus dan matriks yang cukup akrab dibangku SMA, namun ditambahkan dengan pengenalan dasar komponen elektronis dan pemrograman digital.

Gak perlu jauh untuk kuliah di jurusan ini sob, Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Gunadarma, bisa menjadi referensi yang oke.

Selain mendapatkan gaji setara 2 digit serta beragam fasilitas, sobat juga dapat 'nyambi' menjadi konsultan dan peneliti. Ajib lah sob ini..

Tehnik Perminyakan
Mungkin ini salah satu jurusan teknik yang banyak dikejar para mahasiswa baru. Tehnik perminyakan jelas memberikan sebuah pencerahan masa depan yang baik. Bagaimana tidak sob, untuk yang baru lulus saja sobat sudah dapat mengantongi sekitar Rp 130an juta sebulannya. Gokil kan sob!

Teknik perminyakan adalah aplikasi lapangan dari fisika, matematika, geologi, kimia, dan berbagai ilmu lainnya untuk menemukan, mengembangkan, memproduksi, hingga mendistribusikan minyak dan gas yang ada di dalam bumi.

Jurusan ini mempelajari industri minyak dan gas yang meliputi tahapan pengolahan minyak mulai daru survei sampai produksi. Singkatnya, mereka mempelajari tiga kajian utama, yaitu matematika, kimia dan fisika.

Beberapa universitas seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Trisakti, Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Universitas Islam Riau, Universitas Proklamasi 45, Sekolah Tinggi Teknologi Migas, Akademi Minyak dan Gas (Akamigas), dan Politeknik AKAMIGAS siap menampung sobat untuk jurusan ini.

Namun untuk masuk ke kampus tersebut juga merupakan hal yang tak mudah sob. Selain pintar, dibutuhkan juga kekuatan finansial untuk membayar studi semesternya yang sekitaran 3 - 7 jutaan sebulan.

Tehnik Kimia
Tehnik ini juga menawarkan gaji yangmenggiurkan yang pastinya menjamin masa depan sobat usai kuliah nanti. Jebolan jurusanini dapat mengantongi Rp 87 juta rupiah.

Selepas lulus di jurusan ini, beberapa perusahaan besar berskala dunia dapat bekerja menjadi Oil dan Gas (Owner & Services) di Exxon Mobil, BP, ConocoPhillips, Total, Chevron, Vico, Premier Oil, Pertamina, Medco, Schlumberger, Halliburton, Baker Hughes. Fresh graduate yang bisa menembus perusahaan minyak ini adalah mereka yang terbaik. Selanjutnya mereka juga bisa menempuh karier sebagai FMCG (Fast Moving Consumer Goods) di Nestle, Unilever, P&G, Johnson & Johnson, LOreal, KAO, dan masih banyak juga perusahaan FMCG lokal, seperti Orang Tua (OT), dan lain-lain atau memilih bekerja sebagai EPCC (Engineering, Procurement, Construction, and Commissioning).


ANEHnya KULIAH:

* Kakek Usia 98 Tahun Semangat Jalani Kuliah di Universitas
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Supported By Mael For You