Minggu, 24 Maret 2013

5 Lagu Ini Dipercaya Dapat Memanggil Makhluk Halus

Masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang masih memegang teguh adat istiadat. Tak hanya itu sebagian besar masyarakat Indonesia masih mempercayai adanya keberadaan makhluk ghaib.

Berbagai ritual pun dipercaya dapat mendatangkan makhluk halus. Lagu-lagu tertentu juga diasumsikan dapat memanggil makhluk halus tanpa harus menjalankan ritual tertentu.

Ingin tahu lagu apa saja yang dapat memanggil makhluk halus? Yuk simak ulasannya sebagai berikut.

1. LINGSIR WENGI

Sebagian besar masyarakat Jawa mempercayai jika menyanyikan lagu Lingsir Wengi berarti memanggil makhluk halus untuk datang. Lagu Lingsir Wengi sering diidentikkan sebagai lagu untuk memanggil kuntilanak.

Hingga kini tak ada yang mengetahui secara pasti siapa yang menciptakan lagu ini. Lingsir Wengi sendiri dinyanyikan secara turun menurun. Arti dalam lirik Lingsir Wengi inilah yang kemudian melahirkan banyak persepsi jika lagu ini adalah lagu untuk memanggil setan.

Lingsir wengi sliramu tumeking sirno
Ojo tangi nggonmu guling
awas jo ngetoro
aku lagi bang wingo wingo
jin setan kang tak utusi
dadyo sebarang
Wojo lelayu sebet

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, lirik tersebut memiliki arti Sebagai berikut.

Menjelang malam, dirimu(bayangmu) mulai sirna
Jangan terbangun dari tidurmu
Awas, jangan terlihat (memperlihatkan diri)
Aku sedang gelisah,
Jin setan ku perintahkan
Jadilah apapun juga,
Namun jangan membawa maut

Bagian lirik inilah yang dianggap syarat akan makna tak lazim dan cenderung mengerikan. Lingsir Wengi dinyanyikan dengan menggunakan nada sinden khas tradisional jawa terasa kian melengkapi nilai mistik pada lagu ini. Jadi kalau ingin mendengarkan lagu Lingsir Wengi di malam hari, sebaiknya lebih berhati-hati.

2. MALAM SATU SURO

Malam Satu Suro sendiri sebenarnya merupakan ritual yang dilakukan oleh masyarakat yang masih memegang teguh adat Jawa hingga sekarang. Lagu Malam Satu Suro sebenarnya memiliki lirik yang tidak menyeramkan.

Malam ini
Sunyi sepi
Kau terlena
Dalam mimpi
Kau tersenyum
Kedamaian

Sekilas tak ada yang aneh ataupun makna menyeramkan pada lagu ini. Lagu ini justru terkesan seperti lagu-lagu bertemakan cinta pada umumnya.

Hanya saja masyarakat banyak mempercayai jika lagu Malam Satu Suro ini mengandung hawa mistik ketika dinyanyikan oleh sosok Sundel Bolong yang diperankan oleh Suzana.

Karakter dan citra mistis yang dimiliki oleh Suzana ternyata juga melekat pada lagu ini. Jika penasaran ingin mendengarkan lagu Malam Satu Suro yang terdapat dalam film horor yang diperankan Suzana, maka sebaiknya dengarkan beramai-ramai dengan teman-teman kalian.

3. NINA BOBO

Mungkin sebagian dari kita tidak pernah menyangka jika lagu Nina Bobo dianggap sebagai lagu untuk memanggil makhluk halus. Dalam sebuah cerita yang beredar mengenai asal mula munculnya lagu ini, Nina adalah seorang balita perempuan berdarah Indonesia - Belanda yang bernama Helenina Mustika van Rodjnik.

Namun sayang, umur Helenina tak panjang ia meninggal pada usia empat tahun. Lagu Nina Bobo memang sengaja diciptakan oleh sang ibu untuk menidurkan Heleninaketika menangis.

Nina bobo oh nina bobo
Kalau tidak bobo digigit nyamuk

Lirik ini dapat juga diartikan,

Tidurlah sayang, adikku manis
Kalau tidak tidur nanti digigit nyamuk

Karena mengalami depresi dan kesedihan mendalam ibu Helenina terus menyanyikan lagu Nina Bobo. Hingga suatu ketika Helenina kembali ke rumahnya karena mendengar nyanyian sang ibunda. Tak ada yang dapat menjamin kebenaran cerita ini. Semua terserah kalian believed or not.

4. MANTRA JELANGKUNG

Siapa yang tak tahu nyanyian Mantra Jelangkung? Nyanyian ini sering kita dengar di film-film horor Indonesia yang bertemakan Tusuk Jelangkung. Jelangkung merupakan salah satu permainan tradisional yang memang dikenal untuk memanggil makhluk lain di alam ghaib.

Jelangkung jelangsat
Di sini ada pesta
Pesta kecil-kecilan
Jelangkung jelangsat
Datang tidak diundang
Pergi tidak diantar

Itulah lirik Mantra Jelangkung yang kerap kita dengar. Percaya atau tidak mungkin diantara kalian sudah ada yang membuktikan kebenaran dan keampuhan mantra ini untuk memanggil makhluk ghaib.

Tapi jika kalian ingin memainkan mantra tersebut, sebaiknya waspadalah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. ASEREJE

Asereje sempat menjadi lagu hits beberapa tahun lalu. Lagu ini dinyanyikan oleh grup vokal Last Ketchup. Tapi siapa sangka tak lama kemudian lagu ini menggemparkan masyarakat karena beredar isu bahwa lagu ini adalah lagu untuk memuja setan.

Mira lo que se avecina
A la vuelta de la esquina
Viene Diego rumbeando.
Con la luna en las pupilas
Y su traje agua marina
Parece de contrabando

Jika diartikan dalam bahasa Inggris maka lirik lagu ini memiliki makna seperti ini.

Friday night its party time
Feeling ready looking fine
Viene diego rumbeando
With the magic in his eyes

Kata Diego ketika diterjemahkan dalam bahasa Amerika bagian selatan dan Spanyol merupakan kode nama dari Devil atau iblis. Sedangkan Jumat malam adalah hari kramat bagi setan di daerah Eropa dan Amerika.

Pada bagian reff yang berbunyi,

Aserejè ja de jè de jebe tu de jebere seibiunouva,
Majavi an de bugui an de buididipi,
Aserejè ja de jè de jebe tu de jebere seibiunouva,
Majavi an de bugui an de buididipi

Kalau diartikan ke dalam versi bahasa Indonesia maka akan memiliki arti sebagai berikut.

Jadilah sesat, Jehovah itu tidak ada
Tinggalkan keberadaan imanmu saat ini
Mereka akan datang kebawah,
Dan mereka akan memandu kita

Aserejemenurut suku Assab yang tinggal dibagian barat laut Afrika adalah sebuah ritual untuk memanggil arwah orang yang telah meninggal.

Rumor yang beredar juga mengatakan sebenarnya terdapat beberapa kata yang tidak memiliki arti dalam bahasa Spayol. Di negaranya Spanyol lagu ini juga menjadi perdebatan, bahkan diramalkan jika lagu ini dinyanyikan akan mendatangkan iblia. Lagu ini jua dianggap sebagai lagu penyambutan akan kedatangan iblis tersebut.

Lagu Aserejeini mengajarkan kita untuk lebih berhati-hati dalam memaknai lagu asing yang menggunakan bahasa selain bahasa Inggris



 ANEHnya LAGU:

* Lagu Yang Membuat Orang Bunuh Diri
* 12 Lagu Anak-Anak Yang Menyesatkan
* Mitos ‘Kidung Lingsir Wengi’ Lagu Kuntilanak

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Supported By Mael For You