Sabtu, 16 Maret 2013

Misteri Medusa, Wanita Berkepala Ular

Dalam mitologi Yunani, Medusa (Bahasa Yunani: (M├ędousa), berarti “penjaga” atau “pelindung”) adalah seorang wanita cantik dengan ular sebagai rambutnya. Siapapun yang menatap langsung pada matanya akan berubah menjadi batu. Medusa tewas di tangan Perseus, yang kemudian menggunakan kepalanya sebagai senjata sebelum diberikan kepada Athena untuk ditempatkan pada perisai Aigis.

Dalam mitologi Tiga Gorgon (Medusa, Stheno dan Euriale) adalah anak dari dewa laut kuno Forkis dan adiknya Keto. Stheno dan Euriale diceritakan sebagai makhluk abadi sedangkan Medusa tidak. Oleh karena itu, Medusa dapat dibunuh oleh Perseus.

Medusa pada awalnya adalah seorang perawan cantik dan merupakan pendeta wanita di kuil milik Athena. Namun suatu ketika ia diperkosa oleh Poseidon di dalam kuil Athena. Hal ini membuat Athena marah, ia pun mengubah rambut Medusa menjadi ular dan mengutuk Medusa sehingga siapapun yang melihat matanya, akan menjadi batu.

Kematian Medusa dibunuh oleh Perseus atas perintah Raja Polidektes dari Serifos yang meminta kepala Medusa sebagai hadiah. Dengan bantuan dari Athena dan Hermes, yang memberinya sandal bersayap, Helm gaib, pedang, dan perisai cermin, Perseus berhasil melaksanakan tugasnya. Perseus membunuh Medusa dengan cara melihat bayangan Medusa di cermin agar Medusa tidak mengubahnya jadi batu lalu Perseus memenggal kepala Medusa. Kemudian dua makhluk keluar dari tubuh medusa : Pegasus dan Khrisaor.

Selama beberapa waktu, Perseus menggunakan kepala Medusa sebagai senjata. Lalu kemudian kepala itu diserahkan kepada Athena untuk kemudian dipasang pada perisai Aigis Pranala luar.


ANEHnya ULAR:

* 10 Ular Terpanjang di Dunia
* Ular Sanca dengan Mahkota dan 2 Kaki di Sukabumi
* Ular ini Mati Setelah Menggigit Payudara Seorang Model
* GEMPAR!!! Ditemukan Ular Naga Terbesar di Dunia
* Ular Berkaki Ditemukan di China
* Ada Ular Albino Berkepala Dua
* Kobra Berkepala 3
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Supported By Mael For You