Kamis, 23 Januari 2014

Sepeda Motor Unik Anti Banjir

Setiap musim penghujan, masyarakat sering kali dihantui bencana banjir yang datang secara tiba-tiba. Selain harta benda berharga ikut terendam, banjir juga menghambat warga melakukan aktivitas sehari-hari.

Namun, ada yang unik saat banjir bandang melanda Thailand, akhir 2012 lalu. Agar tetap melakukan aktivitas, sejumlah warga di negeri Gajah Putih itu menciptakan kendaraan unik agar dapat menerjang banjir.

Seorang pria di Thailand saat itu bisa leluasa bergerak dan menerobos banjir yang memiliki ketinggian hingga 1,5 meter. Dia membuat khusus motor "amfibi" yang dapat bergerak bebas melewati hadangan banjir.

Adalah motor sport Honda CBR 150cc yang dimodifikasi sedikit agar tidak mogok saat melintasi banjir. Salah satunya dengan memasang selang di bagian knalpot, agar air tidak masuk ke bagian itu. Selang tersebut kemudian ditaruh di atas bodi motor yang tidak bisa terjangkau oleh air.

Selang juga dipasang di bagian kaburator mesin. Fungsinya juga sama, agar air tidak dapat masuk. Tetapi, selang di bagian ini ditaruh di bagian depan kemudi setir.

Motor "amfibi" ini terbilang sukses dan dapat diandalkan warga untuk mengambil bantuan makan serta obat-obatan. Tidak hanya itu, motor tersebut juga digunakan untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir di rumahnya.

Modifikasi seperti ini layak dicoba dalam kondisi wilayah Jakarta dan sekitarnya yang tengah dilanda banjir. Tertarik?


ANEHnya BANJIR:

* Jutaan Laba-laba Mengungsi Menghindari Banjir di Pakistan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Supported By Mael For You