Jumat, 04 Juli 2014

Merpati Jacobin, Burung yang Paling Modis

Ternyata tidak hanya manusia yang ingin tampil modis. Seekor burung merpati Jacobin yang diperkirakan asal Asia Selatan ini tidak mau kalah. Dengan bulu di lehernya yang seakan memakai "jaket bulu", membuat burung ini tampak cantik dan "modis".

Sebenarnya burung ini adalah jenis merpati yang paling tua di dunia yang nyaris tidak diketahui dimana asal usul pengembang biakannya. Beberapa ahli percaya asal burung ini dari India. Tetapi para ahli lain menyatakan burung ini berasal dari Siprus. Jenis burung ini berkembang biak di Eropa sekitar abad ke 16.

Meski telah berkembang biak selama berabad-abad, merpati Jacobin mengalami perubahan yang luar biasa dalam 80 tahun ini. Tubuhnya agak kecil, ramping dan berukuran sedang. Bulu dan kakinya panjang, sedangkan ekornya ramping. Dengan bulu lebat dan tegak di lehernya, membuat kepala burung ini hanya terlihat dari depan. Posturnya yang tegap, membuat burung ini nampak lebih menawan.

Nama Jacobin diambil karena mirip dengan para biarawan Jacobin, yang selalu memakai tudung kepala berbulu. Ternyata burung ini juga merupakan kesayangan Ratu Victoria Inggris. Pada saat itu ia mengupayakan spesimen yang luar biasa agar koleksi burung ini meningkat.

Meski burung ini tampak halus dan mewah, tetapi sebenarnya jenis ini sangat rapuh. Selain karena makannya yang sedikit, bulu lebat di lehernya membuat dia tidak bisa terbang terlalu jauh.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Supported By Mael For You