Senin, 27 Juli 2015

Kota Tanpa Sinar Matahari


Kota Tanpa Sinar Matahari - Weekend ke tempat yang itu-itu saja tentunya membosankan ya sob. Nah, buat sobat yang sangat menyukai berwisata ke tempat-tempat unik di seluruh penjuru dunia, sobat bisa mendatangi salah satu kota unik nan terpencil di Norwegia.

Kota unik bernama Ryukan (Rjukan) ini dikatakan unik karena iklimnya yang cukup ekstrim. Bukan karena musim panas atau musim hujan yang berlebih sob, tapi kota ini hampir selama 6 bulan dalam setahun tak tersentuh sinar matahari.


Atas fenomena unik tersebut, kota kecil yang berada kaki gunung Gaustatoppen, ini pun memasang cermin raksasa di puncak gunung guna memantulkannya ke kota.

Curamnya lereng pegunungan di sekitar kota tersebut memang benar-benar menghalangi sinar matahari menerangi kota berpenduduk kurang lebih 3000an jiwa ini sob.


Selama musim dingin yang terhitung dari bulan September hingga Maret, kota ini sama sekali tidak mendapat sinar matahari secara langsung seperti kota-kota lainnya. Nah, jika sobat ingin berkunjung dan merasakan nuansa yang berbeda sama sekali dari kota-kota lainnya, boleh datang pada medio bulan-bulan tersebut.

Pada masa silam, warga Ryukan kerap memanfaatkan gondola yang akan mengangkut mereka ke area yang mendapat sinar matahari di bagian atas pegunungan. Hal tersebut dilakukan kepada warga yang ingin menghangatkan dirinya dengan terkena langsung sinar matahari.


Hingga akhirnya pada tahun 2013 diresmikannya Proyek Solspeil atau Cermin Matahari di atas gunung kota tersebut. Ide unik tersebut sebenarnya berasal dari pendiri kota tersebut, Sam Eyde, pada tahun 1913, namun baru bisa terealisasi usai era millennium.

Proyek Solspeil sendiri merealisasikan tiga papan cermin penangkap sinar matahari yang berada di lereng pegunungan, persisnya pada ketinggian 450 meter di atas pusat kota.


Cermin raksasa yang masing-masing luasnya 17 meter persegi itu mampu memantulkan cahaya matahari seluas 600 meter persegi di atas kota. Kinerja cermin itu sendiri dikendalikan oleh komputer yang melacak pergerakan matahari di langit sehingga membuat warga kota dapat menikmati sinar matahari sepanjang hari. keren sob.

Karena keunikan inilah kota ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2015. Nah sob, keren kan, mau coba datang???


ANEHnya KOTA:

* Kota Terbersih Nomor 2 di Asean Ternyata Ada di Indonesia
* Kota MEKAH Adalah Pusat Bumi
* 10 Kota Penuh Dosa Terkenal di Dunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Supported By Mael For You