Minggu, 22 September 2013

5 Tahun ke Depan, Komputer Akan Miliki Kemampuan 5 Indra Manusia


Raksasa biru IBM pada hari Senin (16/12/2012) mengatakan bahwa 5 tahun ke depan, komputer akan memiliki kamampuan seperti 5 indra manusia, seperti mendengar, melihat, memiliki perasaan, sentuhan dan mampu mendengar.

“Ilmuwan IBM di seluruh dunia yang berkolaborasi pada kemajuan yang akan membantu komputer memahami dunia di sekitar mereka.”

“Sama seperti otak manusia bergantung pada berinteraksi dengan dunia menggunakan beberapa indera, dengan membawa kombinasi dari terobosan bersama-sama, sistem kognitif akan membawa nilai yang lebih besar dan wawasan, membantu kita memecahkan beberapa tantangan yang paling rumit,” kata Bernie Meyerson, IBM fellow dan wakil presiden inovasi.

Kemampuan Komputer untuk Menyentuh

Melalui kemampuan ini, pengguna akan mampu menyentuh melalui smartphone menggunakan teknologi haptic yang dikembangkan IBM. Berbeda dengan sentuhan yang ada saat ini, pengguna dapat merasakan apa yang ia sentuh melalui ponsel dan dapat membedakan ketika menyentuh kain sutera atau kain kayun.

Kemampuan Penglihatan Komputer

Saat ini, komputer hanya mampu memahami gambar dengan teks yang digunakan untuk judul atau tag. Di masa depan, komputer akan memiliki kemampuan seperti otak manusia untuk dapat menganalisis bentuk, warna, dan pola tertentu dari media visual.

Kemampuan Komputer untuk Mendengar

Saat ini, komputer hanya mendengarkan perintah seperti pada Apple Siri atau fitur Voice Command. Di masa depan, komputer akan dilengkapi sensor pintar untuk mendeteksi unsur-unsur seperti tekanan suara, getaran, dan gelombang suara pada frekuensi yang berbeda.

Kemampuan Komputer untuk Merasakan

Ilmuwan IBM percaya bahwa dalam jangka waktu 5 tahun ke depan, komputer akan memiliki kemampuan untuk merasakan. Komputer akan mampu membantu manusia untuk merasakan rasa makanan.

Komputer akan dapat menggunakan algoritma untuk menentukan struktur kimia yang tepat dari makanan dan mengapa orang-orang menyukai selera tertentu. Algoritma ini akan memeriksa bagaimana bahan kimia berinteraksi satu sama lain, kompleksitas molekul senyawa rasa dan struktur ikatan mereka, dan menggunakan informasi tersebut, bersama-sama dengan model persepsi untuk memprediksi daya tarik rasa.

Komputer akan dapat Mendeteksi Bau

Selama lima tahun ke depan, komputer atau smartphone akan memiliki sensor yang tertanam didalamnya untuk mendeteksi bau. Dengan menganalisis bau, biomarker dan ribuan molekul dalam napas seseorang, akan membantu dokter untuk mendiagnosis penyakit seperti hati dan gangguan ginjal, asma, dan epilepsi dengan mendeteksi bau yang normal dan mana yang tidak.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (17/12/2012), memang semua itu masih merupakan prediksi dari para ilmuwan IBM. Namun, saat ini telah terlihat perkembangan teknologi komputer yang telah menuju ke arah tersebut. Mari kita tunggu 5 tahun ke depan.


ANEHnya KOMPUTER:
* Bukti Hebatnya Orang Dulu Edit Foto Tanpa Photoshop dan Komputer
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...


Supported By Mael For You